Simpan Cerita Duniamu

Blog campuran buat pengalaman wara wiri menyusuri internet dari mulai IT, Olahraga, Gosip Hingga Pengalaman Sehari - Hari yang akan menjadi Sejarah Di Masa Yang Akan Datang

Persib Bandung Agama Sepakbola Jawa Barat

SimpanDunia.Blogspot.com

Bicara tentang Persib Bandung artinya berbicara tentang agama sepakbola di Jawa Barat dimana tingkat ketaatan penganutnya sudah berada di level dewa... Lebay ?!?!? Bisa iya tapi lebih kepada begitu keadaannya.

Bila diambil contoh Jawa Timur misalnya terdapat beberapa tim yang biasa berlaga di kompetisi teratas Indonesia sebelum liga terhenti saat ini. Arema, Persebaya, Persela Lamongan, Gresik United / Persegres. Belum lagi ada pula Persik Kediri yang juga pernah juara Liga Indonesia, Persibo Bojonegoro dan Deltras Sidoarjo yang juga pernah menggapai Liga Indonesia.

Tapi bicara Jawa Barat memang ada beberapa klub yang pernah menapak kompetisi teratas seperti PSB dan Persikabo Bogor atau pun Persikab yang pernah juga hadir di liga teratas namun nyatanya tidak pernah menggoyahkan dominasi Persib di Jawa Barat baik dari segi prestasi maupun popularitas.

Persib Bandung berasal dari kompetisi perserikatan yang sudah lima kali juara kompetisi perserikatan Indonesia yaitu tahun 1937, 1961, 1986, 1990, 1994. Pada Tahun 1994 ini era perserikatan ini berakhir dimana Persib menjadi juara sehingga Piala Presiden yang jadi lambang supremasi juara perserikatan ini menjadi milik Persib selamanya karena setelah itu kompetisi di Indonesia memasuki era baru dengan hadirnya Liga Indonesia yang menggabungkan kompetisi Perserikatan dan Galatama.
SimpanDunia.Blogspot.com

Sebagai Juara Perserikatan edisi terakhir dan sambil menunggu jeda dimulainya Liga Indonesia kala itu, Persib mendapatkan kehormatan melakukan Friendly Match dengan klub Italia AC Milan yang saat itu baru tampil sebagai juara Piala Champions Eropa kelima kali sehingga laga tersebut di media diberi tajuk Pertandingan antara Juara Perserikatan 5 kali melawan Juara Champions Eropa 5 kali.

SimpanDunia.Blogspot.com

Pada akhirnya ketika memasuki era unifikasi liga menjadi Liga Indonesia yang dimulai Sepmber 1994 sejarah pula mencatat Persib menjadi juara Liga Indonesia Edisi Perdana tahun 1995 yang baru bisa diulang 19 tahun kemudian ketika musim ISL 2014.

Uniknya ketika tahun 2015 ini liga terhenti kemudian bergulir turnamen yang memperebutkan Piala Presiden yang kemudian Persib menjadi juara. Artinya setelah menjadi pemilik tetap piala presiden era perserikatan, Persib kembali menjadi pemilik piala presiden versi 20015 atau 21 tahun berselang. Bisa jadi Persib mungkin menjadi pemilik tetap kembali apabila Liga kembali normal berjalan dan tidak berlanjutnya turnamen piala presiden, karena seperti kenyataan yang ada, piala presiden tahun 2015 ini hanyalah turnamen pengisi ketika liga tidak bergulir. Entahlah...

Referensi :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Persib_Bandung#1930-1990an:_Persib_dan_Kompetisi_Perserikatan
2. http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2014/04/17/4756563/sejarah-hari-ini-17-april-final-perserikatan-terakhir-1994
3. http://simamaung.com/17-april-mengenang-momen-sebagai-jawara-perserikatan-1994-bag-i/
Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Persib Bandung Agama Sepakbola Jawa Barat"